Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Negara apa yang terletak paling timur

Negara apa yang terletak paling timur

Negara apa yang terletak paling timur
Negara apa yang terletak paling timur

Negara apa yang terletak paling timur di bumi kita. Berikut ini adalah daftar negara menurut titik geografis paling timur. Siberia, Selandia Baru, Antartika dan Fiji adalah daerah yang menembus bujur timur 180 (ujung timur planet bumi) sehingga termasuk di tempat paling timur, meskipun secara geografis tempat paling timur di negara -negara ini terletak di bagian barat di bumi ini .

Negara apa yang terletak paling timur di asean?

Negara -negara ASEAN berbatasan langsung dengan sejumlah negara, yaitu batas utara dengan Cina, batas selatan dengan Australia, batas timur dengan Papua Nugini, dan batas barat dengan Bangladesh dan India.

Dengan Letak astronomis 6ºLU- 11ºLS dan 95ºBT-141ºBT menjadikan Indonesia sebagai negara yang terletak paling timur di ASEAN.

Baca Juga : Negara apa yang terletak paling utara

Letak astronomis berpengaruh pada iklim, kelembaban udara, cuaca, dan pembagian waktu. Berikut pengaruh letak astronomis pada Indonesia seperti dikutip dari laman Wonderful Indonesia:

Iklim Indonesia

Iklim Indonesia hampir seluruhnya tropis. Perairan hangat yang mencakup 81% wilayah Indonesia membuat suhu di darat cukup konstan dengan suhu di dataran pantai rata-rata 28 °C, daerah pedalaman dan pegunungan rata-rata 26 °C, dan daerah pegunungan yang lebih tinggi 23 °C.

Suhu di Indonesia sedikit bervariasi dari musim ke musim. Indonesia juga mengalami perubahan panjang siang hari yang relatif kecil dari satu musim ke musim berikutnya.

Kelembaban di Indonesia

Variabel utama iklim Indonesia bukanlah suhu atau tekanan udara, melainkan curah hujan. Kelembaban relatif sebuah daerah berkisar antara 70-90 persen. Meskipun suhu udara berubah sedikit dari musim ke musim atau dari satu daerah ke daerah berikutnya, suhu yang lebih dingin terjadi di ketinggian yang lebih tinggi.

Suhu di Indonesia umumnya turun sekitar 1°C per peningkatan ketinggian 90 meter dari permukaan laut dengan beberapa daerah pegunungan interior dataran tinggi mengalami salju malam.

Baca Juga : Negara apa yang terletak paling selatan

Musim di Indonesia

Indonesia sebagai negara tropis tidak memiliki musim semi, musim panas, musim gugur, atau musim dingin. Hanya ada musim hujan dan musim kemarau.

Di sebagian besar negara, termasuk Jawa dan Bali, musim kemarau adalah April hingga Oktober, sedangkan musim hujan adalah November hingga Maret. Namun, pemanasan global membuat membuat musim kurang dapat diprediksi.

Pembagian Waktu

Pembagian waktu di Indonesia terbagi tiga, yaitu Waktu Indonesia Barat dengan GMT+7 yang juga dikenal dengan Jakarta time, Waktu Indonesia bagian Tengah (WITA) dengan GMT+8, dan Waktu Indonesia Timur (WIT) dengan GMT+9.

Demikian pembahasan tentang Negara yang terletak paling timur di bumi ini dan Negara yang terletak paling timur di asean, semoga bermanfaat.

Baca Juga : Negara apa yang terletak paling barat