Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Negara apa yang terletak paling barat

Negara apa yang terletak paling barat

Negara apa yang terletak paling barat di bumi
Negara apa yang terletak paling barat sendiri

Negara apa yang terletak paling barat, apakah sobat sudah mengetahuinya ? berikut ini kami bahas daftar dari Negara yang terletak di belahan paling barat.

Mungkin sebagian orang pernah bertanya-tanya, Negara apa yang terletak paling barat di dunia? Istilah "Negara Timur" atau "Negara Barat" sebenarnya mengacu pada posisi negara yang terletak di wilayah timur atau wilayah barat.

Kami ambil dari beberapa sumber referensi yang valid, berdasarkan garis bujur, Amerika Serikat dan Kiribati merupakan dua negara paling barat di bumi, meski secara letak berada di bumi bagian timur.

Amerika Serikat memiliki Orote Point menjadi titik paling barat dengan garis bujur 144°37'5.5"T. Selain itu area yang menjadi titik paling barat di wilayah dependesi mereka adalah Guam yang memiliki panjang 50 km dan lebar hingga 19 km atau 3/4 ukuran Singapura.

Baca Juga : Negara apa yang terletak paling selatan

Guam merupakan sebuah pulau di bagian barat Samudera Pasifik, daerah ini adalah sebuah 'Organized Unincorporated territory Amerika Serikat'. Soal pariwisata, 90 persen turis asing Guam berasal dari Jepang.

Guam menjadi salah satu teritorial AS yang paling dekat dengan Garis Tangga Internasional. Uniknya, Guam dijuluki sebagai "Tempat di Mana Amerika Dimulai" sehingga kalimat itu pun menjadi semboyan pulau tersebut.

Baca Juga : Negara apa yang terletak paling utara

Kiribati memiliki Pulau Banaba sebagai titik paling barat yang merupakan pulau terpencil di Samudera Pasifik negara Kiribati. Letaknya berada di ujung barat Kepulauan Gilbert, 186 mil atau 298 km sebelah timur Nauru. Ukuran Banaba sangat kecil yaitu hanya 6 Km persegi.

Setelah Amerika dan Kiribati urutan selanjutnya ada Tonga, Samoa, Kanada hingga Ekuador.

Berikut daftar negara paling barat menurut titik geografis:

  1. Kanada    : Yukon-Alaska
  2. Britania Raya : Pulau Oeno, Kepulauan Pitcairn
  3. Meksiko   : Roca Elefante, Pulau Guadalupe
  4. Chili     : Motu Nui, Pulau Natal
  5. Guatemala : perbatasan dengan Meksiko, San Marcos Departement
  6. Amerika   : titik paling barat: Orote Point, Guam
  7. Kiribati  : Pulau Banaba
  8. Tonga     : Niufo'ou, Tongatapu
  9. Samoa     : Falealupo, Gaga'ifomauga
  10. Ekuador   : Pulau Fernandina

Semoga diskusi tentang negara apa yang paling barat di bumi tempat kita tinggal dapat memberikan pencerahan untuk Anda semua. Nantikan diskusi lain dari blog Bahasan qu.

Baca Juga : Negara apa yang terletak paling timur