Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Negara apa yang terletak paling selatan

Negara apa yang terletak paling selatan dari bumi
Negara yang terletak paling selatan

Negara apa yang terletak paling selatan

Negara apa yang terletak paling selatan di bumi? bisa kita dapatkan dari paparan tentang benua antartika. Antartika adalah benua paling selatan di dunia. 

Titik paling selatan kutub selatan dengan garis lintang 90 ° 00 ′ ls. Ada 10 negara yang terletak di selatan di dunia yang diukur dari garis lintang Antartika. Ada beberapa negara yang ternyata terletak di bagian selatan bumi. Nah, penasaran negara mana yang terletak paling selatan di dunia?

Berdasarkan data dari atlas dunia, benua Antartika memiliki luas 14,2 juta km persegi dengan 98 persen tanah yang ditutupi es. Meskipun sangat luas, Antartika tidak memiliki negara. Perjanjian Antartika atau Perjanjian Antartika yang mulai berlaku pada tahun 1961 menjadikan Antartika sebagai daerah yang tidak bertuan dan seharusnya tidak ada kegiatan militer dan ekplorasi mineral. Perjanjian ini telah diratifikasi oleh 50 negara termasuk Rusia, Cina dan Amerika Serikat.

Jika tidak termasuk poin di Antartika dan pulau -pulau luarnya di selatan pada garis 60 ° LS, ada 10 negara yang terletak di selatan di dunia.

Negara Apa yang Terletak Paling Selatan di Dunia? Ini penjabarannya:

Australia

Titik paling selatan di Australia terletak di Bishop and Clerk Islets pada garis lintang 55°03′ LS, South East Cape (Tasmania) pada 43°38′ LS, dan South Point pada 39°08′ LS.

Bishop and Clerk Islets ditetapkan sebagai kawasan warisan dunia UNESCO pada 1997. Kepulauan kecil ini juga membentuk Kawasan Pengelolaan Khusus dalam cagar alam. Kawasan ini jarang dikunjungi dan tidak ditumbuhi hewan serta ditinggali hewan yang bukan asli daerah ini.

New Zealand

New Zealand atau Selandia Baru memiliki titik paling selatan di Jacquemart Island pada garis lintang 52°37′ LS dan Slope Point di South Island pada 46°40′ LS. Jacquemart Island adalah salah satu pulau kecil yang mengelilingi Pulau Campbell di Selandia Baru dan sekaligus menjadi pulau paling selatan di Selandia Baru. Pulau tersebut ditutupi padang rumput di atas lahan gambut yang ditumbuhi herba, lumut, dan tanaman bantal.

Burung-burung yang tercatat berkembang biak di Jacquemart termasuk burung penciduk jelaga, petrel raksasa utara, petrel badai punggung abu-abu, albatros jelaga mantel ringan, dan skua coklat. Pulau ini adalah bagian dari Important Bird Area (IBA) kelompok Pulau Campbell oleh BirdLife International karena signifikansinya sebagai tempat berkembang biak bagi beberapa spesies burung laut.

Afrika Selatan

Afrika Selatan memiliki titik paling selatan di Marion Island, Prince Edward Islands pada garis lintang 46°59′ LS dan Cape Agulhas pada 34°50′ LS. Pulau-pulau di Kepulauan Prince Edwards merupakan bagian dari ekoregion tundra Kepulauan Samudra Hindia Selatan yang mencakup sejumlah kecil pulau sub-antartika.

Kurangnya daratan di Samudra Selatan menyebabkan pulau-pulau tersebut menjadi tuan rumah berbagai spesies, sehingga menjadi kawasan penting untuk konservasi. Iklim sub-antartika yang dingin membuat tanaman yang mayoritas tumbuh adalah rumput, lumut, dan rumput laut. Hewan asli utama adalah serangga, burung laut, anjing laut, dan penguin.

Chile

Negara yang terletak paling selatan di dunia adalah Chile. Chile memiliki titik paling selatan di Southern Thule pada garis lintang 59°42′ LS. Southern Thule terdiri dari tiga pulau paling selatan di Kepulauan South Sandwich, yaitu Bellingshausen, Cook, dan Thule (Morrell). Kepulauan ini tandus, berangin, sangat dingin, dan tidak berpenghuni. Thule Selatan merupakan bagian dari gunung berapi tua yang tenggelam dan ditutupi abu.

Zona ekonomi eksklusif ini kaya sumber daya hayati laut. Penguin goano, anjing laut, petrel, dan rumput laut banyak hidup di kawasan ini,

Argentina

Argentina menjadi negara paling Selatan selanjutnya. Argentina memiliki titik paling selatan di Isla Grande de Tierra del Fuego pada garis lintang 55°04′ LS dan Monte Dinero di 52°24′ LS.

Isla Grande de Tierra del Fuego atau Big Island of the Land of Fire memiliki iklim laut subkutub dengan musim panas yang pendek dan dingin serta musim dingin yang panjang dan basah. Kawasan ini sangat berangin sepanjang tahun. Sebanyak 30 persen pulau memiliki hutan, sementara sisanya diisi stepa dan semi gurun yang sejuk.

Uruguay

Negara apa yang terletak paling selatan di dunia? Ya, ada Uruguay. Titik paling selatan di Uruguay yakni di Isla de Lobos pada garis lintang 35°02′ LS dan Punta del Este pada 34°58′ LS.

Isla de Lobos terletak 8 km dari daratan Uruguay di Punta del Este. Isla de Lobos bersama Pulau Gorriti adalah bagian cagar alam yang melindungi koloni terbesar singa laut Amerika Selatan dan anjing laut berbulu Amerika Selatan. Sementara itu, Punta del Este adalah salah satu daerah musim dingin yang dikenal dengan wisata mengamati paus-paus orca di pantai.

Brazil

Titik paling selatan di Brazil terletak di Rio Grande do Sul pada 33°45′ LS. Rio Grande do Sul secara harfiah berarti Great River of the South atau sungai besar di selatan.

Rio Grande do Sul terletak di zona beriklim selatan dan sebagian besar beriklim subtropis lembab. Pada Juni hingga September, negara bagian dari Brazil ini mengalami hujan lebat dan angin dingin barat daya yang disebut minuano. Minuano terkadang menurunkan suhu hingga di bawah titik beku terutama di pegunungan, sehingga hujan salju kadang turun.

Lesotho

Lesotho memiliki titik paling selatan di Quthing pada 30°40′ LS. Quthing adalah sebuah distrik di Lesotho yang juga dikenal sebagai kota perkemahan dengan peninggalan prasejarah dua pasang jejak kaki dinosaurus.

Namibia

Namibia memiliki titik paling selatan di dekat Onseepkans pada garis lintang 28°58′ LS. Onseepkans adalah pemukiman kecil di tepi Sungai Orange di Provinsi Northern Cape, Afrika Selatan. Hutan pohon Quiver (Kokerboom dalam bahasa Afrikaans) antara Pofadder dan Onseepkans merupakan hutan terbesar dari jenisnya di belahan bumi selatan.

Suhu musim panas di Onsepkaans bisa melebihi 50 °C. Sementara itu, di tengah musim dingin, suhu di bawah 30 °C masih bisa dialami.

Paraguay

Paraguay memiliki titik paling selatan di Yacyretá Island pada garis lintang 27°43′ LS. Pulau Yacyretá yang berarti tanah bulan adalah sebuah pulau di Itapúa, Paraguay.

Pulau Yacyretá terletak di Sungai Paraná yang dibelah oleh Bendungan Yacyretá. Pulau ini dikenal dengan bukit pasir putih. Pulau ini diisi sekitar 400 orang populasi yang hidup terutama dari memancing.

Dari penjelasan yang panjang diatas, sekarag sudah tahu kan, negara apa yang terletak paling selatan di dunia? Semoga bermanfaat dan nantikan pembahasan yang lain dari Bahasan Qu.